Ciri-ciri Orang Hamil

Posted on

Ciri-ciri Orang Hamil

Hamil menjadi moment yang paling indah bagi setiap wanita. Kejadian ini pun biasanya ditandai dengan mulai berhentinya siklus menstruasi, karena sel telur telah terbuahi oleh sperma. Namun sebenarnya ciri-ciri orang hamil tidak hanya itu saja melainkan ada beberapa ciri lain yang bisa dijadikan sebagai penanda bahwa seorang wanita sudah mulai mengalami kehamilan.
Perubahan hormon menjadi salah satu alasan utama timbulnya berbagai macam pertanda kehamilan, dan berikut ini adalah tanda-tanda kehamilan yang umum terjadi.
1. Rasa mual disertai muntah
Inilah salah satu ciri khas orang yang mulai mengandung, kejadian ini akan dialami oleh wanita hamil di tahap-tahap permulaan lebih tepatnya dimulai pada kehamilan di usia 4 minggu dan masih akan tetap dirasakan hingga memasuki minggu ke 12.
Rasa mual tidak selalu berhubungan dengan orang hamil karena biasanya juga dialami oleh orang yang sedang menderita maag ataupun GERD. Adapun bagi wanita hamil, rasa mual ini terjadi akibat perubahan hormon yang menyebabkan lambung memproduksi asam lambung dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya.
Bagi wanita hamil, rasa mual dan muntah ini biasanya hanya akan dialami pada pagi hari saja, kondisi ini dikenal dengan istilah morning sickness. Situasi ini memang sangat merepotkan, karena tubuh sang ibu mulai sulit untuk menerima makanan akibat rasa mual yang berlebihan, padahal di tahap awal kehamilan, janin membutuhkan banyak sekali nutrisi untuk tumbuh kembang yang lebih optimal.
Untuk menyiasati rasa mual yang menyiksa ini, ada baiknya untuk mengamalkan beberapa tips berikut.
– Hindari makanan yang terlalu kental akibat kandungan santan yang berlebihan, sebab makanan yang demikian akan semakin meningkatkan rasa mual. Sebaliknya konsumsi masakan non santan sehingga memberikan rasa segar dan nyaman pada perut.
– Ambil porsi makan yang sedikit namun makan dengan intensitas yang sering, cara ini sangat bermanfaat untuk menyiasati rasa mual berlebihan di awal kehamilan.
– Mengkonsumsi buah-buahan segar dan manis, sehingga tidak harus selalu terpaku pada buah-buahan yang asam.
– Hindari mengkonsumsi jahe terlalu berlebihan, karena kurang tepat untuk wanita yang sedang mengandung.
– Penuhi nutrisi tubuh sang ibu dan janin dari susu khusus ibu hamil sebagai alternatif jika sang ibu tidak bisa mengkonsumsi makanan dengan nutrisi dan vitamin yang lengkap.
2. Lidah terasa pahit
Sering kita jumpai ibu hamil yang ingin selalu mengkonsumsi buah-buahan yang asam, rupanya hal ini adalah reaksi alami dari wanita hamil untuk mengatasi lidah yang terasa pahit, adapun kejadian ini berkaitan dengan hormon estrogen yang terus mengalami penurunan jumlah seiring dengan semakin bertambahnya usia kandungan.
Ketika kadar estrogen menurun maka fungsi lidah sebagai indra pengecap menjadi berkurang sehingga lidah terasa pahit.
3. Nafsu makan berkurang
Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, yang pertama adalah karena rasa mual yang terus menerus termasuk juga karena lidah sulit mengenali rasa sehingga ibu hamil akan semakin malas untuk mengkonsumsi makanan. Disamping itu, keberadaan janin yang ada di dalam rahim menjadikan perut terasa kurang nyaman jika terisi oleh makanan dalam jumlah yang terlalu banyak.
Gejala nafsu makan yang menurun ini tidak dialami oleh setiap ibu hamil, karena ada juga beberapa wanita hamil yang justru merasa jauh lebih suka terhadap satu makanan yang sebelumnya tidak disukai, masyarakat menilai hal ini adalah bawaan dari sang janin.
4. Perut terasa nyeri
Rasa yang tidak nyaman pada perut rupanya bukan hanya perasaan saja tetapi memang merupakan reaksi akibat semakin besarnya rahim sehingga menjadikan lambung mengalami tekanan. Meskipun tergolong keadaan yang wajar namun apabila rasa nyeri pada perut terlalu berlebihan maka ada baiknya untuk meminta penanganan dari dokter ataupun bidan.
• Sulit buang air besar
Sebagian besar wanita hamil akan mengalami kesulitan buang air besar karena feses menjadi lebih keras sehingga sulit untuk dikeluarkan, keadaan yang demikian ini dikenal juga dengan istilah konstipasi. Untuk menyiasati hal tersebut, ibu hamil bisa mengkonsumsi buah maupun sayuran dalam jumlah yang lebih banyak dari sebelumnya, karena kedua makanan tersebut mengandung banyak sekali serat yang bisa membantu mempermudah sistem kerja organ pencernaan.
Selain itu mengkonsumsi air putih ataupun cairan dari buah-buahan juga sangat membantu, untuk menghindari rasa bosan maka buah-buahan tersebut bisa diolah menjadi jus.
• Perubahan emosional
Perubahan hormon akan selalu mempengaruhi kondisi wanita secara keseluruhan termasuk juga pada perubahan mood, sudah menjadi satu hal yang alami bagi wanita hamil yang menjadi sangat sensitif sehingga mudah tersinggung ataupun mengalami perubahan mood dengan cepat bahkan hanya karena kejadian yang sangat sepele.
Tersebut diatas adalah beberapa ciri-ciri orang hamil yang bisa dikenali dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *