Ciri-Ciri, Penyebab, Dan Gejala Penyakit Tipes Yang Harus Diwaspadai

Posted on

Gejala Tipes

Tipes merupakan penyakit yang kerap kali di derita oleh sebagian besar penduduk Indonesia karena bakteri Salmonella Thypi sangat mudah berkembang biak di negara-negara tropis seperti Indonesia. Untuk diketahui bahwa bakteri Salmonella Thypi akan menghilang dengan sendirinya ketika suhu di sekitarnya mencapai 70 derajat celcius, dengan kata lain semakin panas iklim suatu negara maka akan semakin kecil pula kemungkinan berkembangnya bakteri Salmonella Typhi. Namun sebaliknya semakin lembab iklim suatu negara maka akan semakin rentan pula kawasan tersebut terkena wabah penyakit tipes atau yang juga dikenal dengan nama demam thypoid. Dikatakan wabah karena penyakit ini sangat mudah sekali menular.

Dalam dunia kesehatan penularan bakteri Salmonella Thypi dikenal dengan istilah 5F yakni food atau makanan, fingers melalui sentuhan atau jari, fly penyebaran melalui lalat, fomitus atau muntahan dan yang terakhir adalah feses atau melalui tinja. Untuk penularan melalui muntahan dan tinja ini sangat berkaitan dengan tingkat kebersihan lingkungan. Sehingga umumnya jika salah satu anggota keluarga sedang menderita penyakit tipes maka kemungkinan terjadinya penularan terhadap anggota keluarga lainnya menjadi semakin besar.

Bakteri Salmonella Typhi menyerang saluran pencernaan lebih tepatnya adalah usus halus yang tentu saja masuk ke dalam tubuh melalui mulut baik berupa makanan atau minuman. Saat masuk ke dalam usus halus, bakteri Salmonella Thypi akan berdiam diri di tempat tersebut dan berkembang biak, proses ini disebut dengan bakterimia. Jika proses tersebut berlangsung dalam waktu yang lama maka secara otomatis akan membuat usus mengalami luka atau disebut juga dengan tukak lambung. Jika sudah demikian maka penanganan penyakit tipes menjadi semakin sulit, apalagi sebenarnya bakteri Salmonella Thypi tidak akan bisa benar-benar hilang dari tubuh pasien penderita tipes jika tidak ditangani dengan tuntas, sehingga ketika orang tersebut mengalami penurunan sistem imun maka bakteri Salmonella Thypi akan kembali muncul.

Dari kondisi ini, dalam pandangan masyarakat selalu kita dengar bahwa penderita tipes sangat disarankan untuk menghindari kegiatan fisik yang terlalu berat karena jika terlalu lelah maka akan membuat penyakit tipes muncul kembali, padahal sebenarnya jika bakteri Salmonella Thypi sudah benar-benar hilang dari tubuh maka kegiatan fisik yang cukup berat sekalipun bukan menjadi hal yang perlu ditakutkan. Meskipun Tipes bukanlah penyakit yang berbahaya namun jika tidak mendapatkan penanganan yang benar maka kondisi pasien akan semakin memburuk, sebab tipes sangat berkaitan dengan lambung.

Gejala Tipes

Berikut ini adalah beberapa gejala penyakit tipes yang bisa dikenali sejak dini.

• Nafsu makan menurun
Kondisi ini merupakan hal yang sangat wajar mengingat situasi lambung yang sedang terserang oleh virus, selain mengalami penurunan nafsu makan penderita tipes juga akan merasakan mual disertai muntah. Untuk kondisi ini juga dipengaruhi oleh perubahan ukuran dari organ hati. Karena saat tubuh terinfeksi oleh Salmonella Thypi, organ hati berkerja keras untuk menawarkan racun, dan proses tersebut menyebabkan hati mengalami pembengkakan yang secara tidak langsung juga membuat posisi usus maupun lambung menjadi semakin terjepit.

• Demam di malam hari
Demam adalah kondisi tubuh yang sebenarnya cukup menguntungkan bagi tubuh kita sendiri, sebab proses ini merupakan upaya alami dari tubuh untuk membasmi virus-virus yang sedang berkembang di dalam tubuh. Jika sistem imun kuat maka tubuh akan kembali sehat seperti sedia kala.

Khusus untuk penderita tipes, demam yang diderita tidak akan berlangsung dalam waktu yang berturutan melainkan hanya akan terasa pada waktu-waktu tertentu, misalnya sesaat setelah mandi, terkena angin dan juga ketika malam hari.
Situasi yang demikian ini membuat penderita tipes merasa seolah hanya sakit biasa.

• Sakit perut dan diare
Mengingat bahwa bakteri Salmonella Thypi menyerang bagian usus halus maka tak heran jika penderita tipes akan merasakan sakit pada bagian perut. Tetapi sebenarnya rasa sakit yang hebat pada perut ini bukan serta-merta hanya diakibatkan oleh adanya bakteri tersebut, melainkan karena adanya pembengkakan limpa dan juga ulu hati. Sementara itu untuk kondisi penderita tipes yang mengalami diare disebabkan oleh berkurangnya penyerapan cairan sehingga mengakibatkan feses menjadi cair.

• Muncul bintik merah
Penyakit tipes biasanya identik dengan penyakit demam berdarah, karena memang ada beberapa gejala yang benar-benar mirip, salah satunya adalah munculnya bintik merah pada permukaan kulit.

Untuk memastikan apakah seseorang sedang menderita salah satu penyakit tersebut adalah dengan pengambilan sample darah untuk kemudian diuji di laboratorium. Sebenarnya ada satu cara yang bisa memberikan petunjuk secara lebih akurat, yakni dengan melakukan test Typhidot yakni jenis tes yang hanya dikhususkan untuk mendeteksi penyakit tipes pada seseorang.

Saat melihat gejala-gejala tersebut di atas diharapkan untuk kita semakin tanggap dan segera memberikan penanganan yang serius, salah satunya adalah menghindarkan penderita tipes dari mandi meskipun air hangat sekalipun. Serta meningkatkan asupan nutrisi penderita tipes agar sistem imun tubuh kembali menguat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *