Inilah Penyebab, Gejala Sakit Maag Dan Cara Mengatasinya

104 views

Cara Mengobati Sakit Maag

Sakit maag sering dialami oleh semua orang, rasa nyeri pada ulu hati menjadi salah satu ciri khasnya, banyak orang yang mengaitkan sakit maag dengan kebiasaan untuk menunda konsumsi makanan, tetapi sebenarnya perut yang terlalu penuh dengan makanan juga bisa mengalami gangguan pada lambung atau sakit maag. Istilah Maag itu sendiri sebenarnya tidak dikenal di dunia medis, sebab maag berasal dari kosa kata Bahasa Belanda, adapun istilah medis dari penyakit yang menyerang dinding lambung ini lebih dikenal dengan nama Gastritis yang memiliki arti sakit pada tukak lambung atau mukosa lambung yang terluka.

Penyebab Sakit Maag

Penyebab utama dari terlukanya dinding lambung hanya terjadi karena satu alasan yakni tingginya kandungan asam lambung, adapun faktor penyebab dari munculnya asam lambung yang terlalu berlebihan ini disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah sebagai berikut.

• Makanan
Salah satu sumber penyakit adalah makanan, memilih jenis makanan yang sehat adalah pola pikir yang senantiasa harus dipupuk setiap saat dan tidak hanya mengutamakan jenis makanan yang terasa enak dilidah. Seperti satu contoh jenis makanan yang memiliki rasa pedas adalah kategori makanan yang tentu banyak disukai oleh semua orang, khususnya masyarakat Indonesia, padahal makanan pedas mengancam kesehatan lambung manusia, sebab semakin banyak dan semakin sering seseorang mengkonsumsi makanan pedas maka semakin besar pula tingkat produksi asam lambung. Selain masakan pedas, ada juga jenis makanan lain yang bisa memicu meningkatnya produksi asam lambung, yakni jenis makanan yang memiliki rasa asam dan biasanya banyak dikandung oleh buah-buahan.

• Obat
Beberapa orang tergantung dengan obat-obatan, misalnya saja obat yang bisa memberikan efek meredakan nyeri, rupanya obat yang demikian ini dapat mempengaruhi pertahanan dinding lambung apalagi jika dikonsumsi terlalu sering.

• Bakteri
Jika seseorang menderita penyakit maag atau gastritis dari penularan bakteri maka besar kemungkinan untuk terjadi penularan yang lebih luas lagi. Jenis bakteri yang bisa menyebabkan penyakit maag disebut dengan nama Helicobacter Pylori. Bakteri ini akan dengan mudah masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan serta minuman yang sudah terkontaminasi dengan bakteri tersebut, salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya menjaga kebersihan. Bakteri Helicobacter pylori memiliki kaki-kaki yang super kuat dan terus menempel pada dinding lambung, sewaktu-waktu bakteri ini akan menunjukkan eksistensinya, sehingga penderita maag yang disebabkan oleh bakteri ini akan menjadi seorang penderita maag akut dan bahkan maag kronis.

• Virus
Kondisi ini hanya akan terjadi jika seseorang sedang dalam kondisi kesehatan yang buruk, terutama bagi siapa saja yang sedang dalam masa penurunan sistem imun seperti penderita HIV.

• Parasit
Infeksi terhadap parasit sangat berkaitan dengan cacing, faktor risiko yang satu ini akan banyak menyerang masyarakat yang suka mengonsumsi makanan mentah seperti sushi.

• Depresi
Kondisi psikis sedikit banyak juga akan mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang, stress sering dikaitkan dengan berbagai penyakit dan salah satunya adalah maag. Saat seseorang merasakan stress maka tubuh akan memproduksi asam lambung yang berlebihan.

Gejala Sakit Maag

• Ulu hati terasa sakit
Gejala ini adalah gejala maag yang paling sering terjadi, rasa sakit yang diderita oleh pasien memang cukup menyiksa dan tidak akan sembuh hanya dengan mengonsumsi makanan karena dianggap sebagai tindakan penanganan untuk mengisi perut yang terlalu lama kosong.

• Mual dan muntah
Jika keadaan ini berlangsung cukup lama maka penderita maag sudah bisa dikategorikan sebagai penderita maag yang sangat parah, sebab lambung sudah tidak bisa menerima makanan akibat akumulasi jumlah asam lambung yang terlalu banyak.

• Rasa terbakar
Panas dan juga nyeri sering menjangkiti dada penderita maag, sehingga sakit maag tidak hanya akan mempengaruhi kondisi perut saja.
Penyakit maag sering diabaikan oleh sebagian besar orang padahal penyakit ini bisa menimbulkan gejala yang lebih parah yakni munculnya luka pada lambung yang tentu saja akan berakibat fatal bagi kesehatan penderitanya.

Apalagi lambung adalah salah satu organ tubuh yang sangat berkaitan dengan makanan, jika lambung mengalami masalah maka sudah pasti lambat laun kesehatan penderitanya akan menurun secara signifikan. Sebab di kemudian hari penderita maag akan merasakan kesulitan untuk mengonsumsi makanan karena lambung belum siap untuk bekerja mengolah serta menyerap nutrisi dari makanan, dengan kata lain nutrisi yang diperlukan tubuh tidak akan tersuplai dengan maksimal.

Untuk itu ada baiknya melakukan pencegahan sebelum menderita penyakit ini, yakni dengan cara menghindari semua faktor-faktor risiko yang bisa menimbulkan gangguan lambung atau gastritis. Seperti mengurangi kebiasaan mengonsumsi makanan pedas, buah-buahan yang terlalu asam, menjaga kebersihan makanan dan yang paling utama adalah menjaga kesehatan psikis agar tidak sampai mengalami stres.


Leave a reply "Inilah Penyebab, Gejala Sakit Maag Dan Cara Mengatasinya"