Inilah 7 Khasiat Bawang Putih Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Posted on

Khasiat Bawang Putih

Bawang putih selama ini hanya terlihat di area dapur, sebab memang tumbuhan yang tergolong pada jenis umbi-umbian ini dapat meningkatkan rasa lezat pada masakan. Dewasa ini banyak penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, dan mereka semua sepakat bahwa di dalam bawang putih terkandung banyak sekali zat-zat yang baik untuk kesehatan tubuh, sehingga kini bawang putih tidak hanya sering digunakan sebagai bumbu masak saja melainkan juga untuk bahan pengobatan herbal.

Hingga saat ini sudah ditemukan adanya 33 jenis senyawa sulfur yang ada di dalam bawang putih, senyawa itulah yang menjadikan bawang putih memiliki aroma yang sedikit menyengat dan tidak disukai oleh banyak orang. Disamping senyawa sulfur tersebut, kita juga bisa menjumpai kandungan serat, beberapa jenis vitamin, kalsium, kalium, zat besi dan bahkan ada 200 jenis senyawa kimia lainnya.

Untuk mengetahui lebih detail lagi mengenai manfaat bawang putih, mari kita simak infomasi berikut ini.

• Menjaga jantung tetap sehat
Penyakit jantung bisa dialami oleh siapa saja, salah satu penyebabnya adalah karena pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Kalium yang ada pada bawang putih bisa dijadikan sebagai alat untuk melonggarkan atau merelaksasi pembuluh darah tersebut sehingga kemungkinan terkena penyakit jantung bisa diminimalisir.

• Mengobati kencing manis
Penyakit kencing manis kini semakin mewabah, hampir semua orang sudah menjadi korbannya, tidak peduli usia karena kini juga banyak anak muda yang sudah menderita kencing manis. Kondisi ini tentu saja sangat memprihatinkan, sekaligus juga bisa dijadikan sebagai penyemangat untuk kita semua selalu menjaga pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat. Menurut berbagai penelitian, bawang putih dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah yang terlalu berlebihan dan menjadikannya normal kembali. Selain bisa mengobati kencing manis, mengkonsumsi bawang putih juga bisa dijadikan sebagai langkah preventif atau pencegahan.

• Mengobati hipertensi
Di dalam bawang putih terdapat banyak sekali senyawa-senyawa kimia salah satunya adalah polisulfida, senyawa tersebut akan membantu merubah ukuran pembuluh darah yakni menjadikannya lebih lebar, dengan cara tersebut diharapkan tekanan darah yang terlalu tinggi bisa teratasi sehingga tidak menyebabkan pecah pembuluh darah. Tidak hanya berhenti sampai disitu saja, rupanya bawang putih juga berfungsi untuk mengencerkan darah sehingga menjadikan aliran darah menjadi lebih lancar.

• Meningkatkan daya tahan tubuh
Daya tahan tubuh yang kuat dan selalu terjaga akan mengurangi terjadinya risiko terserang bakteri maupun virus, dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin dan dalam jumlah yang tepat maka sistem imun tubuh akan selalu kuat. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan Allicin, Asam amino, Sulfur dan juga Alliin. Senyawa-senyawa tersebutlah yang berperan penting untuk menjaga sekaligus meningkatkan sistem imun tubuh secara alami.

• Menekan pertumbuhan sel kanker
Kanker merupakan penyakit yang sangat ditakuti oleh semua orang, sebab memang biaya pengobatan maupun perawatan yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan penyakit kanker tidaklah sedikit. Bahkan kadang-kadang penderita kanker tidak bisa diselamatkan lagi. Padahal semua orang memiliki potensi untuk menderita penyakit kanker, setiap saat sel-sel kanker yang belum aktif di dalam tubuh kita bisa aktif sewaktu-waktu akibat pola makan yang tidak sehat serta gaya hidup yang kurang baik.

Selain itu sel kanker juga akan mendapatkan angin segar jika tubuh kita terus terpapar oleh radikal bebas, untuk mengatasi hal ini tentu sangat perlu untuk kita mengkonsumsi antioksidan. Kini kita bisa memilih bahan-bahan herbal alami untuk dijadikan sebagai pemasok antioksidan pada tubuh kita dan salah satunya adalah bawang putih yang sudah terbukti mengandung zat antioksidan cukup tinggi.

• Mengurangi kadar LDL ( Kolesterol Jahat )
Hampir semua makanan ataupun minuman yang kita konsumsi berpotensi menjadi pemasok kolesterol jahat, padahal semakin banyak kandungan LDL dalam tubuh kita maka akan semakin meningkatkan risiko terjangkitnya penyakit-penyakit serius seperti hipertensi, stroke dan bahkan serangan jantung. Hal ini disebabkan oleh penumpukan LDL pada pembuluh arteri sehingga menjadikan aliran darah terhambat, untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah kita bisa mengkonsumsi bawah putih secara rutin, sebab senyawa Allicin yang ada di dalam bawang putih mampu menghalau kolesterol jahat agar tidak sampai membentuk plak.

• Menghalau cacing dan parasit
Salah satu timbulnya penyakit adalah karena adanya cacing atau bahkan parasit yang berkoloni di dalam tubuh kita, parasit maupun cacing tersebut bisa saja masuk ke dalam tubuh dengan cara yang sangat mudah, yakni melalui makanan ataupun minuman yang kita konsumsi. Untuk mengusir kedua mahluk hidup yang sangat merugikan kesehatan kita tersebut, langkah yang perlu kita lakukan adalah dengan mengkonsumsi bawang putih.

Setelah mengetahui berbagai macam manfaat bawang putih, tentu saja kini kita akan semakin bersemangat untuk mengkonsumsinya. Adapun cara yang mudah untuk mengkonsumsi bawang putih adalah dengan mencampurkannya ke dalam masakan dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya, atau bisa juga dengan mengkonsumsinya langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *