Manfaat Daun Kelor

Posted on

Manfaat Daun Kelor

Daun kelor selama ini identik dengan hal-hal yang mistis padahal tumbuhan ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi dan juga antioksidan yang cukup tinggi tetapi karena masyarakat Indonesia kurang begitu memahaminya maka tidak banyak orang yang tahu akan berbagai macam manfaat mengkonsumsi daun kelor.
Di Mesir kuno daun kelor sudah digunakan sejak berabad-abad tahun yang lalu untuk dijadikan sebagai komposisi utama pengobatan herbal, bahkan daun kelor diklaim mampu membantu mengobati kurang lebih 300 jenis penyakit.
Tindakan yang selama ini diterapkan oleh masyarakat Mesir rupanya juga didukung oleh salah satu peneliti yang menulis buku berjudul The Miracle Tree Moringa Oleifera Natural Nutrition For The Tropics. Didalam buku tersebut tertulis berbagai macam informasi yang berhubungan dengan segala macam kandungan nutrisi maupun jenis-jenis antioksidan yang ada di dalam daun kelor, setidaknya ketika kita mengkonsumsi daun kelor maka ada tiga jenis vitamin yang bisa kita peroleh diantaranya adalah vitamin A, vitamin B, Vitamin C dan juga vitamin D, tidak hanya berhenti di situ saja daun kelor juga mengandung senyawa-senyawa lain yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kesehatan manusia seperti zat besi, kalium, protein dan juga mineral kalsium.
Salah satu senyawa yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat modern seperti saat ini adalah antioksidan dan rupanya total jumlah antioksidan yang ada di dalam daun kelor adalah 40 jenis antioksidan dan hingga saat ini masih dikembangkan lagi penelitian tersebut karena nampaknya ada beberapa antioksidan lain yang juga terdapat di dalam daun tersebut.
Untuk memahami secara lebih rinci dan detail mengenai manfaat mengkonsumsi daun kelor, berikut ini akan diinformasikan mengenai berbagai macam manfaat daun kelor untuk kesehatan manusia.
• Menjaga kesehatan organ hati
Hati atau liver memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang kestabilan kesehatan seseorang karena fungsi hati salah satunya adalah menetralisir racun yang setiap saat masuk dalam tubuh kita melalui makanan, minuman atau juga radikal bebas. Daun kelor akan membantu meningkatkan kualitas kesehatan organ hati karena daun ini bisa membantu pembentukan sel hati yang baru sehingga organ hati bisa bekerja dengan lebih optimal setiap saat. Disamping itu daun kelor juga berfungsi untuk melindungi organ hati dari berbagai macam jenis infeksi.
• Menjaga gula darah tetap stabil
Diabetes merupakan jenis gangguan kesehatan yang paling banyak dialami oleh masyarakat Indonesia, penyebabnya memang bermacam-macam tetapi salah satu faktor risiko yang paling sering dijumpai adalah karena kurang menjaga pola makan. Penderita diabetes mengalami ketidaknormalan produksi insulin yang merupakan hormon penyalur gula darah ke sel-sel maupun otot tubuh manusia untuk kemudian bisa dijadikan sebagai energi dalam melakukan kegiatan sehari-hari, mengkonsumsi daun kelor akan membantu meningkatkan kerja pankreas sehingga hormon insulin akan tetap terjaga kuantitasnya dengan kondisi tersebut maka secara otomatis kadar gula darah didalam tubuh akan selalu terjaga dan tidak akan mengalami peningkatan yang terlalu signifikan sehingga menyebabkan orang menderita diabetes atau kencing manis.
• Meredakan nyeri akibat rematik
Rematik sering dialami oleh orang-orang yang sudah memasuki usia senja, rasa nyeri yang ditimbulkan akibat rematik kadangkala juga akan menyebabkan bagian tubuh tertentu mengalami peradangan, kabar baiknya adalah daun kelor ternyata memiliki salah satu senyawa yang disebut Kolkisin yang bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri, senyawa tersebut memiliki sifat anti inflamasi. Tentu saja ini merupakan solusi yang terbaik untuk Anda yang tidak ingin terlalu sering mengonsumsi obat-obatan kimia, sebab senyawa kolkisin yang terdapat dalam daun kelor tersebut memiliki waktu kerja yang sangat singkat sehingga kurang dari 1 jam Anda bisa merasakan manfaat dari daun kelor untuk mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan akibat rematik.
• Meningkatkan sistem imun tubuh
Sistem kekebalan tubuh pada manusia kadangkala mengalami penurunan sehingga pada masa tersebut bakteri maupun virus akan mudah masuk dan menyerang organ-organ tubuh tertentu, untuk memberikan perlindungan bagi tubuh dari serangan virus maupun bakteri maka cara yang paling tepat adalah dengan meningkatkan sistem imun tubuh atau setidaknya menjaganya agar selalu siap melawan serangan penyakit. Daun kelor memiliki senyawa klorofil atau Hijau Daun yang memang juga dimiliki oleh tumbuhan atau sayur-sayuran hijau lainnya. Perbedaannya adalah, kandungan klorofil yang ada di dalam daun kelor ini sangat melimpah, dalam setiap 8 gram daun kelor kita bisa menjumpai senyawa klorofil sebanyak 162 mg, senyawa tersebut berperan penting untuk meningkatkan sistem imun di dalam tubuh manusia termasuk juga untuk melakukan detoksifikasi ataupun pengeluaran racun dari dalam tubuh.
• Mengobati hipertensi
Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan berbagai macam jenis gangguan kesehatan yang lebih serius, tekanan darah yang semakin tinggi ini dipengaruhi oleh penumpukan plak yang ada di pembuluh arteri, daun kelor memiliki senyawa Kalium yang bermanfaat untuk mengatur ukuran pembuluh darah menjadi lebih lebar dari sebelumnya sehingga akan mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Jumlah kalium yang ada di dalam daun kelor juga sangat melimpah.
Demikian adalah informasi mengenai manfaat yang sangat luar biasa dari daun kelor untuk kesehatan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *