Kenali Penyebab Dan Gejala Sinusitis Yang Dapat Mengganggu Kesehatan

Sinusitis

Sinusitis adalah penyakit yang berkaitan dengan hidung dan merupakan salah satu organ pernafasan manusia. Penderita sinusitis akan merasa sangat tidak nyaman karena sering mengalami kesulitan menghirup udara melalui hidung, hal ini akan bisa dirasakan oleh semua orang ketika sedang mengalami flu berat dan menyebabkan pilek. Berbicara tentang flu atau pilek memang sebenarnya memiliki kaitan yang cukup erat dengan penyakit sinusitis. Karena salah satu penyebab sinusitis diakibatkan oleh pilek menahun atau yang tak kunjung sembuh. Sinusitis itu sendiri merupakan istilah yang menggambarkan kondisi tidak normal pada sinus, adapun sinus sebenarnya adalah istilah dari rongga-rongga yang ada pada tengkorak manusia yang salah satunya adalah rongga hidung.

Sinus atau rongga pada hidung akan mengalami peradangan atau sinusitis ketika terdapat cairan atau lendir yang terlalu banyak dan dalam waktu yang lama, padahal seharusnya rongga tersebut berisi dengan udara, yakni ketika seseorang menghirup udara untuk bernafas. Kondisi yang tidak normal ini membuat tubuh merespon untuk mengeluarkan reaksi peradangan karena kondisi tersebut dianggap sebagai anomali atau ancaman.

Penyebab Sinusitis

Selain pilek menahun, sinusitis juga memiliki beberapa penyebab lainnya, diantaranya adalah sebagai berikut.

• Terinfeksi virus
Ada beberapa virus yang bisa mengakibatkan seseorang menderita radang sinus atau sinusitis namun virus Influenza menjadi satu jenis virus yang paling banyak menyebabkan masyarakat dunia menderita sinusitis, karena memang virus Influenza sangat mudah menyebar bahkan hanya melalui udara, penanganan yang tidak tepat pada penderita influenza akan membuat penderita flue mengalami pilek menahun. Adapun virus lain yang juga bisa menyebabkan radang sinus adalah Rhinovirus dan juga Coronavirus.
Seseorang yang menderita sinusitis dan diakibatkan oleh infeksi virus akan menjadi semakin parah karena virus tersebut akan berubah menjadi bakteri yang menjadi lebih sulit untuk dihilangkan dari tubuh.

• Terinfeksi bakteri
Bakteri yang bisa menyerang sinus adalah S.aureus, penyebaran bakteri ini juga cukup mengkhawatirkan karena bisa berpindah dengan mudah hanya melalui udara, selain itu rupanya bakteri ini juga bisa muncul akibat penderita sinusitis pernah mengalami infeksi pada gigi. Bagi penderita sinusitis yang terkena bakteri S.aureus akan mendapati lendir yang kental dan berbau sehingga kondisinya sedikit lebih buruk ketimbang penderita sinusitis yang disebabkan oleh infeksi virus.

• Jamur
Untuk kasus sinusitis yang disebabkan oleh jamur memang jarang dijumpai, namun demikian hal tersebut juga patut untuk diwaspadai, karena infeksi jamur yang bisa menyebabkan penyakit sinusitis ini juga tergolong parah sebab akan langsung mempengaruhi saluran bronkus yang juga merupakan salah satu organ penting pernafasan manusia. Infeksi jamur ini akan semakin mudah terjadi jika kita berada di lingkungan yang kotor dan lembab.
• Bentuk rongga hidung tidak normal

Keadaan ini bisa terjadi karena dua kemungkinan, yang pertama disebabkan oleh kecelakaan dan yang kedua adalah karena merupakan ciri khas sejak lahir. Bentuk rongga hidung yang tidak normal akan membuat cairan atau lendir terjebak di rongga hidung dan hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya sinusitis.

Gejala Sinusitis

Gejala-gejala berikut ini akan dialami oleh penderita ataupun calon penderita sinusitis.

• Kepala terasa berat
Hal ini disebabkan oleh terlalu banyaknya cairan yang menumpuk di rongga tengkorak kepala sehingga memunculkan rasa berat pada kepala dan bahkan mungkin juga rasa nyeri.

• Pernafasan dari hidung terhambat
Kondisi ini menjadi sangat masuk akal karena lubang saluran pernafasan dari hidung terisi oleh lendir yang tentu saja akan membuat kesulitan untuk bernafas karena aliran udara terhalangi oleh lendir tersebut.

• Sulit mengenali aroma atau bau
Sebenarnya kondisi ini sedikit menguntungkan karena penderita sinusitis tidak perlu menutup hidung ketika berada di lingkungan dengan aroma yang kurang sedap.

• Pilek
Gejala sinusitis yang satu ini memang sangat mirip dengan ketika seseorang sedang menderita pilek, yakni keluar lendir dari hidung dengan warna yang memang berbeda-beda sesuai dengan tingkat keparahan dari peradangan sinus tersebut. Untuk jenis sinusitis yang sifatnya ringan akan memunculkan lendir berwarna putih dan tidak berbau dan biasanya sinusitis yang demikian ini disebabkan oleh infeksi virus yang salah satunya adalah virus influenza.

Sementara itu sinusitis sudah dalam tahap cukup serius jika lendir sudah menimbulkan aroma yang busuk, berwarna hijau dan sangat kental.

• Demam dan mudah lelah
Karena memang salah satu organ tubuh mengalami gangguan kesehatan maka beberapa fungsi imun tubuh akan terganggu. Penderita sinusitis yang tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat akan menderita demam dan juga rasa yang mudah lelah layaknya ketika seseorang terjangkit virus flue.

Bagi penderita sinusitis sangat dianjurkan untuk menghindari kegiatan di tempat yang berdebu, lembab dan juga kotor. Pemberian vitamin dan juga suplai nutrisi yang cukup akan sangat membantu tubuh untuk memulihkan kondisinya sendiri dengan cepat tanpa harus bergantung pada obat-obatan.